Gebrakan Baru Camat Boking Luncurkan Aplikasi Si-Kauna

halaman8.com – SoE-TTS

Camat Boking,Elam Eliaser Endi Metkono,SH membuat menciptakan gebrakan baru dengan meluncurkan sebuah aplikasi berbentuk website yang bernama Aplikasi Si-Kauna.

Aplikasi Sikauna Merupakan salah satu aplikasi rancangan aksi perubahan untuk mengoptimalisasi perencanaan dan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan desa ( sistem keuangan desa ) pada kecamatan Boking,Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Aplikasi yang diluncurkan camat Boking,Elam Metkono telah di ujicoba pada 3 Oktober 2023 dihadiri oleh pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Para Sekretaris Desa , para operator desa bersama tim Kerja se kecamatan Boking Kabupaten Timor Tengah Selatan. Sedangkan untuk hasil evaluasi dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2023.

Baca juga : Bappeda TTS Mulai Uji Coba Aplikasi Siairmas

Kepada media ini Camat,Elam menjelaskan bahwa tugas dan fungsi Aplikasi tersebut merujuk pada Peraturan Bupati Timor Tengah Selatan Nomor: 90 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan, maka camat mempunyai tugas tugas dan fungsi sebagai berikut.

Tugas

menyelenggarakan urusan pemerintahan umum dan sebagian pemerintah yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Fungsi

Melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan Desa dan/atau Kelurahan.

Selain itu,adapun Isu Aktual Prioritas Gambaran permasalahan yang dihadapi saat ini adalah ketepatan waktu dalam proses perencanaan dan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan desa tentang penyerahan dokumen perencanaan (RKPDes dan RAPBDes) dan Pertanggung jawaban Pengelolaan Keuangan Desa (SPJ dan Perdes Pertanggung jawaban) Tahun Anggaran 2022 untuk OPTIMALISASI PERENCANAAN DAN PERTANGGUNG JAWBAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA.

Adapun tujuan aksi perubahan yang dibuat dalam jangka pendek dan jangka menengah yakni :

Tujuan Jangka Pendek

Tujuan Aksi Perubahan Jangka Pendek yang dilaksanakan selama dua bulan adalah: Menyediakan Ruang Konsultasi aplikasi digital Si-Kauna (Sistem Keuangan Desa)

Tujuan Jangka Menengah

Tujuan Aksi Perubahan Jangka Menengah, yakni Tahun 2024 adalah: Melaksanakan aplikasi digital Si-Kauna (Sistem Keuangan.

Untuk diketahui peluncuran Aplikasi Sikauna merupakan salah satu syarat untuk memenuhi tuntutan atas Diklat kepemimpinan tingkat 3 oleh Camat Boking yang berlangsung hingga saat ini.

Images (3)
Foto Istimewa: Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun,ST.MM

Sesuai informasi yang dihimpun media ini melalui sebuah video berdurasi 1 menit 12 detik, Bupati Timor Tengah Selatan, Egusem Pieter Tahun,ST.MM mendukung penuh Camat Boking yang telah berupaya membuatkan aplikasi, Sikauna untuk mengoptimalisasi perencanaan dan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan desa ( sistem keuangan desa ) pada kecamatan Boking,Kabupaten Timor Tengah Selatan.

“Semoga penulisan ini boleh bermanfaat dalam pelayanan masyarakat di kecamatan Boking.bKita juga berharap nanti pada Optimalisasi Nya boleh membawa nilai tambah.khususnya saudari Elam yang merupakan camat Boking. Kiranya saudara Elam bisa menyelesaikan pendidikannya dengan baik dan aplikasi tersebut juga bermanfaat bagi masyarakat”, harap Bupati.

Untuk diketahui aplikasi berbasis website tersebut bisa mengklik link dibawah ini :

https://www.sikauna.com/?m=1

(Rey)

 

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar