Wakil Ketua DPRD Tuding Penjabat Bupati TTS Gagal Bina ASN

halaman8.com – SoE – TTS

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Yusuf Nikolas Soru,SE, mengecam penjabat Bupati TTS, Edison Sipa, atas dugaan kegagalan dalam melakukan pembinaan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas jelang Pilkada TTS. Kritik ini disampaikan Yusuf menyusul kasus yang menimpa Kasat Pol PP Kabupaten TTS, Thobias J.J.A. Balelay, SH, yang diduga melanggar netralitas sebagai ASN.

“Dalam hal ini, kita sudah memiliki bukti konkret. Kasus yang menimpa Kasat Pol PP adalah cerminan kegagalan penjabat bupati dalam membina ASN untuk tetap netral. Ini sudah terlalu jauh, bukan hanya dengar-dengar belaka,” ujar Yusuf kepada media di ruang kerjanya.

Yusuf juga menyerukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk mengevaluasi Edison Sipa sebagai penjabat bupati. “Pak Sipa harus dievaluasi terkait kinerjanya sebagai penjabat bupati. Kami akan mengajukan permintaan resmi kepada Kemenpan RB untuk meninjau ulang kepatutannya dalam jabatan ini,” tegasnya.

Baca Juga : Kasad Pol PP Kabupaten TTS Akan Dipanggil Untuk Memberi Keterangan

Netralitas ASN, lanjut Yusuf, adalah hal yang sangat penting sesuai dengan regulasi yang berlaku, terutama dalam konteks Pemilu dan Pilkada. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga profesionalisme ASN dan mencegah terjadinya konflik kepentingan yang dapat mengganggu jalannya pemerintahan dan pembangunan di daerah.

Yusuf juga mengecam tindakan Thobias J.J.A. Balelay, SH, yang merupakan pejabat eselon II, karena dinilai telah gagal mematuhi prinsip netralitas ASN. “Sebagai pejabat eselon II, Thobias seharusnya menjadi teladan bagi ASN lainnya. Kasus yang menimpanya sangat disayangkan dan seharusnya bisa dihindari,” imbuh Yusuf.

Sebelumnya, Thobias J.J.A. Balelay, SH, diduga melanggar netralitas ASN setelah beredar video yang menunjukkan dukungannya terhadap calon incumbent, Epy Tahun, dalam Pilkada TTS. Video tersebut memperlihatkan percakapan yang berlangsung di kompleks kantor bupati lama, yang menunjukkan preferensi Thobias terhadap calon tertentu.

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar