Turut Berpartisipasi Penanggulangan Bencana, Dandim beserta 1 Pleton Anggota Kodim 1621/TTS Ikut Apel Gelar Pasukan

HALAMAN8.CO // TTS –

Komandan Kodim (Dandim) 1621/TTS Letkol Arm Roni Hermawan SH.M.M., menghadiri Apel kesiapan bencana, dalam rangka antisipasi secara dini bahaya banjir/genangan air dan bencana longsor yang dapat berdampak pada Kamseltibcarlantas serta kontijensi di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Baca Berita :Sertu Correia, Babinsa Kodim 1621/TTS : Babinsa Harus Seperti Saudara Bagi Warga Binaannya

Kegiatan apel kesiapsiagaan bencana dipimpin langsung oleh Kapolres TTS AKBP I Gusti Suka Arsa S.Ik., bertempat di Mapolres TTS, Jl. Gajah Mada, Kelurahan Karang Siri, Kecamatan Kota Soe, Kabupaten TTS, Jumat (25/11/2022) Pukul 08.00 Wita.

Turut hadir Dandim 1621/TTS Letkol Arm Roni Hermawan SH.M.M.,Asisten 1 Kabupaten TTS S.Sos,M.Si,Wakapolres TTS Kompol Gd Arya Bawa S.Sos M.H., Kepala Pelaksana BPBD Kab TTS Yeri Nakamnanu,Para Perwira Polres TTS,dan Seluruh Peserta Apel Kesiapan Bencana 1 Pleton Kodim 1621/TTS, 5 Pleton Polres TTS,1 Pleton Dinas PUPR Kab.TTS, 1 Pleton Dinas Kesehatan Kab.TTS,1 Pleton Satpol PP kab.TTS,1 Pleton Dinas BPBD Kab.TTS,1 Pleton PLN Soe,1 Pleton Dinas Perhubungan Kab.TTS,dan 1 Pleton Dinas Sosial Kab.TTS.

Dalam sambutannya Kapolres TTS menyampaikan Apel hari ini kita adakan berkaitan dengan cuaca yang sekarang sudah masuk pada musim penghujan.
Dan yang biasa terjadi adalah bencana alam seperti : banjir, tanah longsor kebakaran hutan dan kebakaran lahan.

Baca juga : Kolaborasi Untuk Mencapai Sinergitas Kodim 1621/TTS Dan Polres TTS Gelar Apel Gabungan

Lanjutnya,Penanggulangan bencana alam di mulai dari tahap pemetaan/ tahap pencegahan adalah himbauan dan penyampaian kepada masyarakat berkaitan dengan bencana banjir dan tanah longsor.
Tahap penanggulangan dan pemulihan kembali berkaitan dengan korban dan infrastruktur. Kesiapan sangat penting berkaitan dengan sarana prasarana dan seluruh aparatur negara dan seluruh masyarakat. Harapan kita bersama agar tidak terjadi bencana pada tahun ini,”Pungkas Kapolres”.

Seusai apel tersebut, dilanjutkan dengan pengecekan terhadap personel yang di siagakan dan pengecekan sarana yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan Penanggulangan Bencana tersebut.

Baca Berita : Dandim 1621 TTS Menyampaikan Duka Yang Mendalam Atas Meninggalnya Komandan Korem 161/WS

Dandim 1621/TTS Letkol Arm Roni Hermawan SH.M.M.,kepada Pendim terkait kesiapan Kodim 1621/TTS mengatakan bahwa, apel ini tujuannya mengecek kesiapan personel dan peralatan apabila terjadi bencana di daerah ini.

“Harapan kita tidak terjadi bencana alam. Karena selain ada korban harta benda, sarana prasarana, juga bisa ada korban jiwa. Kita doakan tidak ada bencana di Kab TTS(Kota Kasih)”, pintanya.

Terkait dengan kesiapan Kodim 1621/TTS, pasti siap membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam. Itu amanah dari UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya Bab IV Pasal 7 tentang Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Selain OMSP sesuai UU Nomor 34, juga dalam rangka membantu mengatasi kesulitan masyarakat”, tutup Dandim.
**Sumber Pendim 1621/TTS**

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar