TPID dan TP2DD TTS Gelar HLM , Ini Yang Dibahas

halaman8.co // SoE – TTS

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Timor Tengah Selatan, menggelar High Level Meeting (HLM), Rabu (31/5/2023), bertempat di Kantor Bupati TTS.

Rapat dibuka langsung Asisten Administrasi kabupaten TTS, Agnes Fobia, S.Sos,M.Si diwakili kebag perekonomian dan SDA setda TTS, Ardi Benu, S.Sos selaku Moderator.dan dihadiri Kepala Biro Ekonomi Setda NTT Dr. Lery Rupidara, Perwakilan dari Bank Indonesia (BI), perwakilan dari Forkopimda TTS, sejumlah pimpinan OPD dan para beberapa undangan lainnya.

Saat membuka Rapat tersebut, Asisten Administrasi kabupaten TTS, Agnes Fobia, S.Sos,M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa High Level Meeting TPID dan TP2DD ini perlu dilaksanakan untuk membahas dan mencari solusi atas apa yang menjadi isu ekonomi secara aktual. High Level Meeting TPID dan TP2DD ini sengaja digabungkan, karena objek pembahasannya berkaitan satu sama lain, yaitu antara pengendalian inflasi dengan ekonomi digital.

Inflasi merupakan permasalah ekonomi paling utama, mengingat, inflasi akan berdampak multidimensi, terutama sangat berpengaruh pada tingkat kemiskinan. “Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan pangan menjadi salah satu fokus utama dalam pengendalian inflasi, sekaligus sebagai upaya prioritas dalam percepatan pemulihan ekonomi.

Untuk mengatasi akan hal tersebut, pemda telah menyiapkan Kunci Pengendalian Inflasi kepada sejumlah Organisasi perangkat Daerah ( OPD) terkait dalam hal ini,Dinas TPHP, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Koperindag, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial.

Segera Menyusun Road Map Masing-masing Dinas sebagai Acuan untuk menjaga (4K) Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, Ketersediaan Pasokan dan Komonikasi yang Efektif dengan mengacu pada Road Map TPID Kab TTS Tahun 2022-2024

DINAS KETAHANAN PANGAN

Wajib mengoptimalkan Kembali Satgas Pangan untuk mendata, menganalisa stok, ketersediaan dan harga pangan untuk diupdate secara berkala dalam Neraca pangan yang wajib dilaporkan ke Bupati TTS.

DINAS KOPERINDAG

a. Agar terus mengaktifkan Tim Terpadu dalam melakukan operasi pasar terhadap ketersediaan stok dan stabilisasi harga serta makanan kadaluarsa.

b. Agar terus berkoordinasi dengan Perum Bulog Divre NTT untuk melaksanakan Pasar murah di kota SoE dan Kecamatan-kecamatan.

BAGIAN PSDA (Sekretariat TPID)

Menyelenggarakan Rapat Koordinasi TPID secara berkala dan berkoordinasi Perangkat Daerah Terkait data pengendalian inflasi yang dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah. (ReY)

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar