Sebuah Aplikasi Canggih Diluncurkan Saat Momen Pelantikan Kepala SMA Plus PGRI Mnelalete

halaman8.com // SoE – TTS

Jumat ( 12 Mei 2023 ) Siprianus Liem,S.Kom dilantik menjadi kepala sekolah SMA PLUS PGRI Mnelalete periode 2023-2027. pelantikan tersebut ditandai dengan peluncuran sebuah aplikasi penyiraman tanaman menggunakan handphone. Seprianus dilantik oleh ketua perwakilan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs.Yan Peni untuk menggantikan, Almarhum, Drs. Nahason Liem yang merupakan ayahnya.

Untuk diketahui aplikasi tanam sayur menggunakan handphone (hp) tersebut adalah karya siswa – siswi jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang terdiri dari kurang lebih dua puluhan siswa.

Dijelaskan salah satu siswa pada saat peluncuran bahwa, aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan jaringan internet. selain itu juga, dibuat dalam dua mode yakni, mode riley dan mode MCU. dimana kedua mode tersebut disertakan dengan program yang ada dan pada handphone android melalui aplikasi telegram. sehingga, ketika diperintahkan melalui aplikasi tersebut maka, dengan sendirinya alat akan menyiram sendiri.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Anggota Komisi V DPRD Propinsi NTT,Drs. OBED NAITBOHO, M.SI , camat Amanuban Barat, kades Pusu, kades Mnelalete,ketua dan wakil perwakilan YPLP PGRI Propinsi NTT, pengurus perwakilan YPLP PGRI Kabupaten TTS, Camat Amanuban Barat, sejumlah pendeta, ketua komite bersama sejumlah tua adat setempat dan para undangan lainnya.

Foto bersama : Kepsek Terpilih, Sekretaris YPLP TTS, Ketua dan Wakil YPLP NTT, DPRD NTT

Usai dilantik kepala sekolah yang baru, Siprianus Liem,S.Kom dalam sambutannya mengucapkan terima kepada kasih kepada YPLP yang telah memberi kepercayaan untuk memimpin SMA Plus PGRI Mnelalete.dirinya berjanji akan menjalankan amanah yang sudah ditinggalkan oleh almarhum ayahnya bahwa ” Untuk kerja harus berlari dan selalu dilandasi dengan takut akan Tuhan”, ujar Sipri

selain itu ia juga berharap, untuk kerjasama dari semua komponen sekolah dan stakeholder terkait dalam meningkatkan mutu pendidikan. “ Saya berharap semua guru dan pegawai bisa mendukung saya dengan kerja sama dan sama-sama bekerja guna meningkatkan mutu sekolah,” ungkap Siprianus.

SMA Plus PGRI Mnelalete lanjut Siprianus, akan fokus dalam mencetak generasi unggul guna di bidang sains dan teknologi.“ Kita fokus untuk mencetak generasi unggul di bidang sains dan teknologi guna menjawab tuntutan di era 4.0,” ujarnya

Diwawancarai terpisah oleh wartawan Siprianus mengatakan bahwa, SMA harus bersaing dengan SMK dan harus mampu menunjukan bahwa SMA juga bisa menciptakan sesuatu dengan ide-ide dan kreatifitas siswa yang ada .

apalagi SMA Plus PGRI Mnelalete adalah satu-satunya SMA PGRI yang saat ini menjadi SMA Plush di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Oleh karena itu, “kami akan berusaha memberikan yang terbaik. Karena selain aplikasi penyiraman tanaman menggunakan hp oleh siswa-siswi TK, para siswa – siswi otomotif juga berencana untuk meluncurkan mobil listrik pada bulan september mendatang, meskipun dengan dana yang sangat minim kita tetap optimis untuk peluncuran mobil listrik harus pada bulan september mendatang, “cetusnya.

Dikonfirmasi terkait anggaran yang diperlukan untuk mobil listrik. Ia menjelaskan bahwa, untuk menciptakan sebuah mobil listrik seperti di luar daerah dan luar negeri itu membutuhkan anggaran yang cukup besar bahkan bisa mencapai Rp. 500.000.000. Namun, “meski dana kita sangat minim, kita akan berusaha meluncurkan mobil listrik tersebut dengan dana Rp. 40.000.00 (empat puluh juta saja).

Foto Bersama siswa-siswi otomotif dan DPRD NTT bersama YPLP NTT dan TTS

sedangkan Anggota Komisi V DPRD Propinsi NTT, Drs. Obed Naitboho dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya Siprianus Liem menjadi kepala sekolah SMA Plus PGRI Mnelalete. Kepercayaan tersebut merupakan amanat dari Tuhan untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu SMA Plus PGRI Mnelalete.

Pemprov NTT dikatakan Obed, mendukung penuh pengembangan bidang pendidikan di NTT. Hal ini dibuktikan dengan besarnya anggaran dalam APBD Propinsi yang digelontorkan untuk bidang pendidikan.

“ Dari total APBD Tahun 2023 senilai 5,3 Triliun ada hampir 40 persen atau 2,1 Triliun untuk bidang pendidikan. Dan Kabupaten TTS mendapatkan alokasi senilai 45 Miliar untuk fisik di bidang pendidikan (SMA/SMK),” terang Obed.

Di tahun 2024 mendatang, Obed menjanjikan dukungan anggaran dari APBD Propinsi guna pengembangan SMA Plus PGRI Mnelalete.“ Saya dipercaya oleh Fraksi Nasdem untuk berada di komisi V DPRD Propinsi NTT yang membidangi bidang pendidikan. Oleh sebab itu, tahun depan kita akan berikan dukungan anggaran untuk pengembangan SMA Plus PGRI Mnelalete,” janjinya.

Ketua Perwakilan YPLP PGRI Provinsi NTT,Drs.Yan Peni memberikan apreasiasi yang tinggi atas keberhasilan SMA Plus PGRI Mnelalete dalam membuat aplikasi menyiram tanaman dengan menggunakan handphone. Dirinya siap mempromosikan aplikasi tersebut ke sekolah-sekolah lainnya di NTT. “ Sebentar saya pulang harus bawa aplikasinya sehingga saya bisa promosikan aplikasi ini ke sekolah lainnya. Ini aplikasi yang sangat bagus,” pujinya.

Selain itu ia juga berjanji bahwa aplikasi tersebut akan dibawa olimpiade yang akan berlangsung Lampung ,pada bulan september 2023 nantinya.

Ia juga berpesan kepada kepala sekolah untuk menjaga kepercayaan yang sudah diberikan, harus selalu membangun komunikasi. Mengingat kepala sekolah adalah salah satu kepala sekolah yang masih muda, “harus belajar untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih umur dari pada kita, ” Tutupnya.

Pantauan wartawan pelantikan tersebut juga ditandai dengan ibadah syukuran bersama yang dipimpin oleh ketua majelis jemaaat Sinai Toisilu (Rey)

 

 

 

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar