Peresmian Rumah Sakit Kelas D Pratama Kualin Menjadi Rumah Sakit Terbaik di TTS

halaman8.com – SoE – TTS

Rhey Natonis

Hari ini, Jumat, 24 November 2023, menjadi momen bersejarah dengan peresmian Gedung Rumah Sakit Pratama Kelas D Kualin dan peresmian Gedung Kantor Desa Tuafanu,Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil NTT, Ruth Laiskodat, Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Emanuel Melkiades Laka Lena , Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil NTT Ruth Laiskodat, Wakil Ketua DPRD NTT, Dr Ince D.P. Sayuna SH, M.Hum, M.KN, Bupati TTS,Egusem Pieter Tahun,ST.,MM, sekretaris Daerah TTS, Drs. Seperius Edison Sippa,M.Si, asisten Administrasi Umum, Agnes L.S Fobia, Asisten Pemerintahan Sekda, Deny Nubatonis, Dandim 1621 TTS, Letkol Inf. Sobirin S.Ag, M.Si,Pemimpin Bank NTT Cabang SoE, Egbert Balukh,sejumlah pimpinan OPD,BUMN dan BUMD Kabupaten TTS.

Peresmian ini diselenggarakan dengan serangkaian acara, dimulai dengan ibadah bersama yang dipimpin oleh 2 orang pendeta yakni, pdt. Nony Belly, S.Th., dan pdt. Yunus Tangko, S.Th. Setelah itu, Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun, ST., MM, dengan penuh semangat menandatangani prasasti, menandai kehadiran pentingnya fasilitas kesehatan ini bagi masyarakat setempat.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, tak ketinggalan melakukan pemotongan pita sebagai simbol peresmian, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. Hadirnya tokoh-tokoh penting ini menegaskan komitmen bersama dalam pengembangan infrastruktur kesehatan yang lebih baik di wilayah ini.

Gedung Rumah Sakit Pratama Kelas D di Kualin bukan hanya sebuah bangunan, tetapi merupakan simbol harapan bagi kesehatan masyarakat. Kehadirannya diharapkan mampu meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten TTS.

Picsart 23 11 24 19 24 09 5201700825307863

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melky Lakalena, menegaskan harapannya agar rumah sakit ini tidak hanya berkembang di TTS tetapi juga menjangkau Kabupaten Malaka. Dia menekankan pentingnya pelayanan medis yang berkualitas untuk setiap pasien, lebih dari sekadar bangunan fisiknya. Melky juga menyuarakan aspirasi agar gedung ini menjadi rujukan untuk berbagai penyakit dan layanan kesehatan yang lebih luas,” ini memang perjuangan yang panjang dan kita waktu itu hanya bermimpi tapi hari ini kita telah melakukan peresmian gedung ini dengan baik. Sehingga kita akan terus berusaha untuk membuat rumah sakit ini lebih bagus dari RSUD Soe,kita akan buatkan rumah sakit ini jadi rumah sakit rujukan”, jelasnya

Sedangkan Wakil Ketua DPRD NTT, Ince Sayuna, dengan tulus berterima kasih kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI atas upaya besar dalam merealisasikan pembangunan rumah sakit ini. Meskipun melalui perjuangan dan pengorbanan, hasilnya menjadi suatu kebanggaan. Ince menegaskan komitmennya untuk memastikan layanan kesehatan yang merata, bahkan dengan permintaan kepada kadis BPJS Kesehatan untuk segera membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dikatakan Ince bahwa, Rumah sakit tersebut merupakan suatu mimpi dan punya cerita masa lalu disaat salah satu saudaranya mengalami sakit dan sulit untuk mendapatkan pertolongan dari puskesmas dan rumah sakit hingga meninggal, “Saya orang politisi asal kampung ini sangat terharu dan bangga bisa meninggalkan karya-karya di kampung saya dilahirkan, saya akan tetap menaruh perhatian saya untuk TTS terutama Kualin”,Cetusnya

Selain itu,Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun, ST., MM, melihat kehadiran rumah sakit ini sebagai pendorong bagi kemajuan wilayahnya ke depan. Dia menyebutkan Rumah Sakit Pratama Kualin sementara menjadi rumah sakit terbaik di TTS. Dalam kesempatan itu, Bupati juga membagikan informasi penting tentang prestasi Kabupaten TTS yang meraih predikat kedua terbaik di Provinsi NTT, khususnya dalam penurunan angka stunting yang mencapai 80,15, hasil dari kerja keras bersama masyarakat.

Picsart 23 11 24 19 27 59 4641700825308000

Pantauan langsung wartawan, Ketiga Orang tersebut ,Melky Lakalena, Ince Sayuna dan Epy Tahun secara khusus memberikan apresiasi kepada Sekretaris dinas kesehatan kabupaten TTS, Nahad Baunsele Atas Perjuangannya selama perencanaan, pekerjaan hingga selesainya pembangunan ini dengan baik.

Tak hanya Itu, Dalam Acara Tersebut juga dilangsungkan bersamaan dengan persemian Gedung Kantor Desa Tuafanu,Kecamatan Kualin,Kabupaten TTS.

 

 

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar