PANWASCAM KOTA SOE GENCAR SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF

HALAMAN8.COM – Soe – TTS

Panitia Pengawas kecamatan (PANWASCAM) kecamatan Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan , gencar melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif serta potensi kerawanan pada Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih di wilayah Kota soe menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada 2024.

Ketua panwascam Kota soe Melkisedek Nahak , diruang kerjanya Jumat (6/1) mengatakan, pada Minggu (21/12) Panwascam Kota Soe melakukan koordinasi dan sosialisasi pengawasan partisipatif serta potensi kerawanan pada Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih di wilayah Kota Soe baik di kelurahan Maupun di desa.

Menurut dia, Panwascam Kota Soe membutuhkan partisipasi masyarakat dalam mengawali pesta demokrasi mendatang.

“Kami berharap pada Pemilu 2024, partisipasi masyarakat bisa maksimal dalam mengawali pesta demokrasi sehingga bisa menciptakan pemilu yang kondusif,” ungkapnya.

Ia mengatakan, yang menjadi tolok ukur keberhasilan penyelenggara pemilu, bukan berapa banyak pelanggaran yang sudah ditangani, tetapi sejauh mana penyelenggara menangani potensi pelanggaran pemilu.

“Untuk itu, kami tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan, karena dengan begitu, bisa mengurangi potensi pelanggaran pemilu,” katanya.

Ia menambahkan, pemimpin yang baik lahir dari Pemilu yang demokratis, Pemilu yang berhasil berasal dari penyelenggara yang berintegritas.

Di ruangan terpisah Koordinator divisi, Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan masyarakat Panwascam Kota Soe Odi Frengki Missa mengatakan, potensi kerawanan Pemilu sangat besar terjadi di Pemilihan Umum mendatang, karena itu dimulai dari pemerintah Kelurahan dan desa hingga ke RT didorong untuk ikut mengawal pemilu secara demokratis.

“Tujuan kami adalah dengan kita memberikan pemahaman yang sama terkait dengan pemilu, mereka bisa mengawal proses pengawasan pemilu, serta mampu menciptakan pemilu yang demokratis,” katanya.

Kegiatan tersebut didesain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan partisipatif dalam Pemilu 2024.

Dengan adanya partisipasi dari berbagai elemen masyarakat , kata dia, bisa menekan adanya kecurangan dalam pemilu mendatang.(Itho)

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar