Meski Sudah Ditertibkan Bawaslu, Dua Baliho Masih Terpapar Di Seputaran Kota Soe

halaman8.com – SoE – TTS

Writer: Rhey Natonis

Meski telah diambil tindakan tegas oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) TTS beberapa minggu lalu terkait pasang baliho, beberapa Calon Legislatif (Caleg) DPR RI masih terlihat melanggar aturan tersebut.

Pantauan wartawan dua Caleg DPR RI, masing-masing dari Partai PSI dan Golkar, masih memasang baliho di dua lokasi yang berbeda. Salah satunya terletak di jalur dua Soe depan RM Bundo Kanduang, sementara yang lainnya terpampang di samping Pertamina 03 TTS.

Pelanggaran ini menimbulkan keprihatinan terkait ketaatan para Caleg terhadap peraturan pemilihan umum.

Ketua Bawaslu TTS, Desy M. Nomleni,S.Pd saat dijumpai wartawan pada Senin 13 ( November 2023 ) di ruang kerjanya menyatakan bahwa,terkait kedua baliho itu, Bawaslu telah berkoordinasi dengan partai terkait. Partai tersebut menyatakan kesiapannya untuk membongkar baliho tersebut secara mandiri.

Desi menegaskan bahwa penertiban perlu dilakukan karena belum memasuki masa kampanye, masa kampanye dimulai tanggal 28 Nov 2023 – 10 Februari 2024. sesuai dengan PKPU 15 Tahun 2023 tentang Kampanye pasal 79 menegaskan terkait pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan partai politik larangan mengungkapkan citra diri dan identitas,ciri-ciri khusus atau karakteristik partai pemilu dengan menggunakan metode : pemasangan alat peraga kampanye pemilu di tempat umum, penyebaran bahan kampanye kepada umum dan media sosial.

Desi menyampaikan bahwa sesuai Pasal 22 PKPU 15 TAHUN 2023 unsur citra diri adalah Nomor urut dan foto/gambar.

Desi berharap apabila ada partai atau pihak manapun yang belum memahami terkait proses penertiban ini bisa langsung datang ke kantor Bawaslu TTS untuk melakukan koordinasi.

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar