Ketua DPC Pospera Apresiasi Kinerja Kadis Dukcapil TTS

HALAMAN8. COM | SOE – TTS

 

Ketua DPC Pospera Kabupaten TTS, Yerim Fallo memberikan pujian atas kinerja Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten TTS, Apris Manafe. Menurutnya, di bawah kepemimpinan Apris pelayanan pembuatan dokumen kependudukan jauh lebih cepat, tepat dan mampu menjangkau masyarakat di pelosok pedesaan.

“ Berdasarkan pengamatan saya, Pak Apris mampu menerapkan standart pelayanan publik yang baik di Kantor Dinas Dukcapil. Pelayanan pembuatan dokumen kependudukan jauh lebih cepat, tepat dan mampu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di pelosok pedesaan, lewat program jemput bola (jebol),” ungkap Yerim kepada wartawan, Rabu 21 Juni 2023 .Bahkan lanjut Yerim, jika ada hal yang urgen yang butuh pelayanan cepat, Apris tak segan untuk meresponsnya lewat pesan WhatsApp. “ Management yang diterapkan Pak Apris di kantor Dukcapil ini bagus dan responsif. Jika ada hal yang sifatnya butuh pelayanan cepat karena ada urgensi, Pak Apris langsung respon, walaupun kita hanya kirim pesan lewat WhatsApp,” ujar Pria berkulit hitam manis ini.

 

AnggotaDPRD TTS, David Boimau sempat memberikan respon terkait rotasi terhadap Apris Manafe. Dirinya heran kenapa orang yang berprestasi justru dirotasi?

“ Orang berprestasi kok mau dirotasi, TTS semakin aneh dengan sistem penempatan pejabat yang tidak melalui kajian akuntabel,” tulis David dalam group WhatsApp Redaksi SUARA TTS.

 

Ketua Fraksi Hanura, Marthen Tualaka juga memberikan tanggapan terhadap rotasi Kadis Dukcapil Kabupaten TTS tersebut. Marthen mengatakan, rencana tersebut sebagai hal yang sangat irasional karena mengingat masa jabatan Apris Manafe yang belum mencapai 2 tahun. Apris disebutnya saat itu sedang bersemangat melakukan terobosan dengan program “JEBOL DESA” dalam rangka mendekatkan pelayanan, melakukan pelayanan yang tepat untuk mengejar target sinkronisasi data dengan KPUD TTS guna mensukseskan Pemilu 2024.

 

Bahkan menurut Marthen, berdasarkan testimoni masyarakat yang ia dengar, saat ini pelayanan di kantor Dukcapil TTS sangat baik. Dalam melakukan pelayanan administrasi Kependudukan bagi masyarakat TTS, menurut penilaian masyarakat umum belum pernah dikecewakan. “ Kami (Pansus LKPJ) sempat melakukan monitoring di kantor Dukcapil dan sejauh pengamatan kami dan komentar masyarakat semuanya sangat baik. Hal ini ditunjukkan juga dengan rendahnya tingkat pengaduan masyarakat kepada lembaga DPRD TTS terkait pelayanan dokumen kependudukanoleh Dukcapil,” terang pria yang juga menjabat sebagai ketua Pansus LKPJ ini.

 

Diberitakan sebelumnya. Pemda TTS melakukan rotasi kepada 7 kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Ke tujuh kepala OPD yang akan dirotasi yaitu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Apris Manafe,

Kepala Dinas PU, Lens Liu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Musa Benu, Kepala Dinas Pendidikan, Dominggus Banunaek, Kepala Staf Alih Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Tian Yosis Tallo, Kepala Penilitian dan Pengembangan Jakob Benu dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Melianus Selan.

Anehnya, Apris Manafe yang belum genap 2 tahun menjabat sebagai kepala Dinas Kependudukan juga ikut terkena rotasi. Apris sendiri diketahui dilantik Bupati TTS sebagai Kadis Kependudukan pada Agustus 2021.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Musa Benu kepada wartawan, Senin 19 Juni 2023 mengatakan, pengumuman terkait rotasi tersebut telah dikeluarkan Pemda TTS sejak 15 hingga 20Juni. Sedangkan untuk uji kompetensi akan digelar pada 22 Juni. Dan untuk penetapan hasil nilai diagendakan akan dilakukan pada 22 dan 23 Juni. (Tim)

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar