drh Lusiana M. Wio Terpilih Sebagai Ketua Komcab Pemuda Katolik TTS Usai Muskomcab

HALAMAN8.COM | SOE – TTS

drh Lusiana Mathilda Wio terpilih sebagai Ketua Komisariat Cabang TTS usai musyawarah komisariat cabang (Muskomcab) yang bertempat di Aula kantor Kopdit Swasti Sari Soe pada ,Selasa,25 Juli 2023 lalu.

drh Lusiana terpilih untuk memimpin Pemuda Katolik Kabupaten Timor Tengah Selatan periode 2023-2025.

Usai terpilih, kepada wartawan , wanita yang biasa disapa Ida ini mengaku siap mendukung program pemerintah dalam hal penanganan stunting dan pemberdayaan pemuda Katholik.”Kami siap mendukung pemerintah dan juga siap melakukan pemberdayaan pemuda Katolik sesuai permintaan bupati”, ujarnya

Dijelaskan,pemberdayaan pemuda katolik untuk berwiraswasta karena dunia kerja tidak hanya di pemerintahan/PNS tapi banyak bidang usaha yang bisa dilirik dengan penghasilan yang menjanjikan jika ditekuni dengan serius mulai dari usaha peternakan, pertanian, membentuk koperasi bersama dan usaha usaha yang lainnya.

Diberitakan sebelumnya,Tepatnya pada, Selasa ( 25 Juli 2023 ) Pemuda Katolik komisariat cabang kabupaten Timor Tengah Selatan sukses menggelar masa penerimaan anggota ( Mapenta) dan musyawarah komisariat cabang ( Muskomcab) yang bertempat di aula koperasi kredit ( Kopdit ) Swasti sari kabupaten TTS.

suksesnya Mapenta dan Muskomcab dengan mengusung Thema : “Revitalisasi Moral, Etika dan produktivitas Pemuda sebagai manifestasi bangsa dalam menjawab tantangan Global”

Pantauan wartawan,Kegiatan tersebut yang akan berlangsung selama dua hari yakni Selasa 25 hingga Rabu 26 itu sebelumnya dimulai dengan misah bersama yang dipimpin oleh, Romo.Ewa Wake.

Hadir dalam kegiatan tersebut sekalian membuka langsung kegiatan tersebut Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun,ST.,MM dalam sambutannya Menyebut organisasi pemuda Katolik merupakan organisasi besar. Oleh karena itu,seluruh pemuda Katolik yang berada pada 10 Paroki yang berada di kabupaten TTS pada umumnya harus mengambil bagian.

Untuk diketahui, Pemuda katolik Carateker TTS baru saja terbentuk dan memiliki 43 anggota dan yang menghadiri kegiatan tersebut 23 orang, sehingga Bupati Epy dalam sambutannya mengatakan segala sesuatu harus dimulai dari hal kecil,”semua harus dari hal kecil,jangan anggap sepeleh hal kecil tersebut”, cetus Epy.

Dalam sambutannya Bupati juga berharap agar dengan terbentuknya Pemuda Katolik Carateker TTS bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah.Saya berharap semoga organisasi ini bukan hanya besar di papan nama,tetapi bisa membawa keuntungan bagi Pemuda Gereja serta membantu Pemerintah dalam menangani stunting di TTS”, Ujar Bupati.

Sedangkan Ketua PP Pemuda Katolik , Stefanus Asat Gusma dalam sambutannya Salah satu konteks dalam kegiatan tersebut yakni, membentuk sejumlah kluster seperti Jurnalis, Lawyer, UMKM, ASN/Birokrat, Akademisi, Politisi, SMA/Mahasiswa untuk masuk dalam organisasi Pemuda Katolik, “dirinya menjelaskan sejumlah klaster tersebut contohnya Jurnalis, dibutuhkan untuk membangun citra Pemuda Katolik dengan agenda yang dimiliki, demikian juga dengan Lawyer membantu masyarakat dengan LBH-nya,” Ujarnya.

Tak hanya itu, ketum juga mendorong para anggota yang sudah ada dan yang akan tergabung kedepannya untuk, mulai menjadi pengusaha dengan berbisnis, dengan harapan bisa membantu membangun Pemuda Katolik.selain itu juga bisa membantu pemerintah kabupaten TTS dalam menangani beberapa hal yang menjadi sorotan publik contohnya Stunting.

Dalam sambutannya Gusma juga mengakui pemuda katolik masih ketinggalan dengan pemuda Ansol, tetapi dirinya akan tetap semangat untuk pemuda katolik harus berjalan,”saya secara pribadi tergerak untuk turun langsung ke NTT dan ikut serta membentuk Organisasi pemuda katolik di NTT, padahal hal seperti ini wewenang Komda”, Ujarnya.

Senada juga dikatakan ketua PLH Komda NTT, Theodora E. Taek,S.Pd dalam sambutannya mengatakan,” Kami ingin pemuda katolik ada di semua tempat sehingga hari ini kami melakukan kegiatan di sini,” Jelasnya

Selain itu Ia juga meminta kepada seluruh anggota yang akan mengikuti,musyawarah komisariat cabang ( Muskomcab) agar bisa menyelenggarakan nya dengan baik,” Kita tidak lagi pada tataran untuk beradu otot, kita harus berembuk bersama menunjuk siapa yang mampu memimpin pemuda katolik di kabupaten TTS”,Cetusnya

Akhir kata, Theodora yang merupakan anggota DPRD Kota Kupang 2 Periode dari Partai PKB itu menitipkan semua Pemuda Katolik yang ada kabupaten TTS kepada Bupati Timor Tengah Selatan,” Saya titipkan teman-teman pemuda kepada Bapak Bupati dan saya berharapan bisa menjadi mitra yang baik”,tutupnya.

sedangkan dalam sambutan Ketua Carateker Komcab TTS, Rofinus Laga Lamawato,SH mengucapkan selamat datang kepada ketua umum PP Pemuda Katolik atas kehadirannya di TTS. selain itu, dirinya juga berterimakasih kepada Bupati TTS yang hadir untuk membuka langsung kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Ketua umum PP pemuda Katolik, Stefanus Asa Gusma, Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun,ST.,MM, Perwakilan dari Forkopinda Kabupaten TTS,perwakilan dari Pemuda GMIT perwakilan dari Banser, Perwakilan dari GP Ansor, Ketua PLH Komda NTT, Theodora E. Taek,S.Pd, Sekretaris, Yuvensius Tukung, S. Pd, ketua Carateker Komcab TTS, Rofinus Laga Lamawato,SHs,ekretaris, Valentinus K. Masan beserta seluruh anggota yang tergabung dalam carateker TTS. (Rey)

 

kunjungi tik tok media halaman8

Komentar