Halaman8.com

Jujur Dan Tegas

Melalui Program TNI,Kementan RI Luncurkan 1.500 Liter Pupuk Cair Kepada 6 Kelompok Tani Di Kecamatan Kualin

HALAMAN8.COM ][ SOE ][ TTS-

Tepatnya pada Jumat 16 September 2022,Mentri Pertanian dan TNI luncurkan bantuan 1.500 liter pupuk cair kepada 6 kelompok di Desa Oemaman, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan,Guna mengelola lahan seluas 300 HA di desa Oemaman.

Bantuan pupuk cair hayati langsung diserahkan oleh Unggul yang juga perwakilan Kementerian Pertanian, didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten TTS, Yahuda Tunliu dan Suwandi tim ahli pupuk Kementerian Pertanian.lahan seluas 300 HA direncanakan akan ditanami Sorgum dan Jagung dan dikelola oleh 206 orang terdiri 6 kelompok tani yakni kelompok tani Bana Pasi, Bana Nifukiu, Bana Netulinah, Bana Tufe, Bana Ban-ban dan Bana Sonalete yang merupakan penduduk asli desa Oemanan.

selain memberikan bantuan pupuk, lewat program tersebut, TNI dan Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan bibit jagung. Sedangkan Dinas Pertanian Propinsi NTT, memberikan bantuan traktor untuk membalik lahan dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten TTS menempatkan penyuluh pertanian guna mendampingi para petani. hal ini dibuat dalam melanjutkan program dari Pangkostrad Letjen Maruly Simanjuntak yang selalu memperhatikan masyarakat NTT dalam bidang pertanian guna memanfaatkan dan mengelola lahan-lahan tidur Raksasa yang ada,yang sekarang ini sudah di laksanakan di kabupaten TTS yaitu di desa Oemaman kecamatan Kualin dan desa Oebaki kecamatan Noebeba.

Usai memberikan bantuan Unggul selaku perwakilan dari kementrian berharap agar pupuk cair yang diberikan harus dimanfaatkan dengan baik agar program tersebut bisa berjalan lancar“ semoga pupuk yang diberikan ini bisa dimanfaatkan secara baik,” harapnya

Sedangkan kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten TTS, Yahuda Tunliu kepada masyarakat mengatakan, bahwa petani akan selalu didampingi untuk oleh penyuluh dari dari dinas guna melancarkan program yang ada, dan juga dalam waktu dekat, pemerintah akan segera menurunkan bantuan bibit jagung untuk program CPCL.

Selain itu Ia juga mensuport para petani agar lebih semangat dalam bekerja nantinya,Yehuda memastikan bahwa petani hanya siap kerja dan terima hasil karena pihak ketiga juga telah disiapkan untuk mengambil basil panen dari para petani.

Yaner Bana selaku Koordinator CPCL Desa Oemaman,dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Kementerian Pertanian yang telah memilih Desa Oemaman sebagai lokasi program CPCL. Program tersebut dikatakan Yaner akan mendatangkan berkat untuk masyarakat Desa Oemaman.

Menurut Yaner Bahwa Ia sangat yakin bahwa program ini akan membawa berkat bagi desa oemaman,sehingga untuk membangkitkan semangat petani,Yaner berjanji untuk dari lahan seluas 300 HA itu pada bulan ini juga mereka akan mencoba terlebih dahulu sepuluh HA guna membangkitkan semangat Petani untuk lebih semangat dalam berkerja.

Untuk diketahui Kementan sendiri melalui program TNI juga sudah meluncurkan pupuk cari ke lokasi oebaki kecamatan Noebeba yang berluas 100 HA tepatnya pada Kamis 15 September 2022.

Penulis : Ardi Selan
Editor : Rhey N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.