Halaman8.com

Jujur Dan Tegas

KSP Kopdit Obormas Cabang Soe Diresmikan

halaman8.com // SoE// TTS-

Kurang lebih 2 tahun lamanya masyarakat Kabupaten TTS pada umumnya dan anggota KSP Kopdit Obor Mas pada khususnya menanti dengan penuh harapan, akhirnya Selasa 13 September 2022, KSP Kopdit Obor Mas cabang TTS diresmikan untuk segera membuka pelayanan bagi anggota.

Hal ini diungkapkan General Manager KSP Kopdit Obor Mas, Leonard Ferdiyanto Lering,S.Ak dalam sambutannya. Dikatakan KSP Kopdit Obor Mas telah memperoleh izin pembukaan kantor dari Dinas Nakertrans dan Koperasi Provinsi NTT.

‘Patut kita syukuri, sekalipun baru hari ini kita resmikan kantor KSP Kopdit Obor Mas Cabang TTS namun pelayanan pinjaman kepada anggota sudah dimulai pada awal bulan Mei 2022″, ujarnya.

Adapun misi KSP Kopdit Obor Mas membuka kantor cabang diseluruh wilayah kerja provinsi NTT yaitu membangun ekonomi masyarakat NTT melalui pelayanan simpan pinjam untuk mengembangkan usaha-usaha produktif anggota disektor Riil.

Agar mewujudkan misi tersebut lanjutnya, KSP Kopdit Obor Mas memberikan pelayanan pinjaman dengan bunga murah, yaitu :

– Pinjaman KUR: baik KUR Super Mikro, KUR Mikro, dan KUR dengan suku bunga 6% per tahun atau 0,5% per bulan.

– Pinjaman LPDB dengan suku bunga 11% per tahun atau 0,9% per bulan.

-Pinjaman Reguler dengan suku bunga 14% per tahun.

Dijelaskan, untuk pinjaman KUR dan LPDB sampai saat ini Non Performing Loan (NPL) masih 0,0%, berarti anggota yang pinjam tidak ada yang menunggak, karena ketentuannya apabila NPL diatas 5% sehingga tidak lagi sebagai Koperasi Penyalur KUR dan hal ini sangat merugikan karna bisa kehilangan peluang emas dengan pinjaman bunga yang sangat murah.

Dirinya lantas memberi gambaran perkembangan kantor Cabang TTS yaitu jumlah anggota mencapai 1.379 orang dengan total simpanan saham dan non saham sebesar Rp 2,9 Milliar lebih, Saldo pinjaman beredar selama 4 bulan terakhir mencapai 6,4 Milliar lebih dan Aset mencapai Rp 7,6 Milliar lebih.

“Kami mengajak masyarakat bergabung bersama Obor Mas untuk sama sama membangun ekonomi masyarakat TTS mendukung Program Kerja Obor Mas provinsi NTT dengan memanfaatkan pinjaman KUR yang sangat membantu masyarakat mengembangkan usaha produktif disektor RIil, seperti peternakan sapi, menghidupan kembali budidaya apel dan jeruk keprok Soe yang terkenal itu”, ajaknya.

Bupati TTS Egusem Pieter Tahun dalam sambutannya yang dibacakan oleh staf ahli bidang kesra, Esterina Banfatin mengatakan KSP Kopdit Obor Mas telah memenuhi persyaratan menurut undang undang tentang koperasi sehingga beroperasi.

Pemerintah mendukung KSP Kopdit Obor Mas karna merupakan satu satunya KSP Kopdit penyalur KUR di NTT dengan perkembangan anggota cukup signifikan yang mana anggotanya kini berjumlah 1430 dengan total penyaluran dana sebesar Rp 6.596.800.

“Saya himbau pengurus, pengawas dan manajemen KSP Obor Mas agar dalam beraktivitas tetap perhatikan aturan yang berlaku dan berusaha tingkatkan kualitas pelayanan dengan berpegang pada tujuan koperasi yaitu peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat TTS “, ujarnya

Dikatakan, KSP Obor Mas dapat menjadi solusi terbaik dalam menjawab persoalan ekonomi masyarakat khususnya dalam akses pemberdayaan.

Masyarakat juga diminta agar memanfaatkan jasa layanan secara intelektual dalam akses pinjaman harus utamakan kegiatan yang produktif.

Lebih lanjut dikatakan, anggota harus mengamalkan prinsip Simpan dengan bijak ,Pinjam sesuai kebutuhan dan Kembalikan tepat pada waktu. Dengan demikian dapat mendukung keberadaan koperasi yang tumbuh berkembang dari anggota oleh anggota untuk anggota.

Pantauan media ini, Acara peresmian bertempat di Hotel Timor Megah dihadiri oleh Staf Ahli bidang kesra mewakili Bupati TTS dan sejumlah pimpinan OPD, Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, lembaga mitra, anggota KSP Kopdit Obor Mas dan undangan lainya. (Rey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.